Pengalaman Tak Terlupakan di Kampung Inggris Kediri: Tempat Terbaik untuk Menguasai Bahasa Inggris

 

kampung inggris kediri

Jujur, pertama kali dengar tentang Kampung Inggris di Kediri, saya agak skeptis. Masa iya, dalam waktu yang relatif singkat, orang bisa jadi jago bahasa Inggris hanya dengan belajar di satu kampung? Tapi setelah mendengar banyak cerita positif dari teman-teman yang sudah pernah ke sana, akhirnya saya putuskan untuk mencobanya sendiri. Dan ternyata, apa yang saya temukan di Kampung Inggris jauh melampaui ekspektasi saya!

Ketika tiba di Pare, Kediri, suasana kampungnya langsung terasa beda. Di jalan-jalan, kamu akan melihat plang-plang bertuliskan bahasa Inggris, dan di banyak tempat, orang-orang dengan aksen yang beragam sedang asyik mengobrol dalam bahasa Inggris. Bahkan di warung-warung makan pun, tidak jarang pelayan akan menyapa dengan kalimat seperti "Good morning, what would you like to order?" Ini sedikit bikin saya kaget di awal, tapi lama-lama justru membuat saya terbiasa untuk menggunakan bahasa Inggris di situasi sehari-hari.

Salah satu hal yang saya sangat apresiasi dari Kampung Inggris adalah metode pengajarannya. Setiap lembaga kursus di sini punya cara unik untuk membuat pembelajaran bahasa Inggris menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Misalnya, di kelas conversation, kita sering diajak bermain peran, diskusi dalam kelompok kecil, atau bahkan melakukan simulasi kehidupan sehari-hari, seperti berbelanja atau mengunjungi dokter—tentunya semua dalam bahasa Inggris. Hal-hal kecil seperti ini membuat saya merasa lebih percaya diri berbicara dalam bahasa Inggris, karena merasa sedang "latihan" di dunia nyata.

Pengalaman paling menarik saya adalah ketika mengikuti program camp yang mengharuskan kita berbicara bahasa Inggris sepanjang hari. Awalnya terasa sangat sulit, apalagi ketika ingin ngobrol dengan teman-teman di luar kelas. Ada rasa canggung dan takut salah. Tapi di sini, semua orang ada di "perahu" yang sama. Semua sedang belajar dan saling mendukung. Bahkan jika kamu salah bicara, teman-teman atau tutor biasanya akan mengoreksi dengan cara yang ramah, tanpa bikin kamu merasa terintimidasi.

Yang saya suka dari Kampung Inggris adalah semangat kebersamaan yang sangat kuat. Di sini, kamu akan bertemu orang-orang dari berbagai daerah di Indonesia yang datang dengan satu tujuan: memperbaiki kemampuan bahasa Inggris mereka. Saya ingat betul ada satu teman sekamar saya dari Makassar yang awalnya sangat malu untuk berbicara. Tapi seiring waktu, karena kami sering ngobrol dan saling membantu, dia jadi lebih berani. Setelah beberapa minggu, dia sudah bisa berbicara dengan lancar. Itu membuat saya sadar bahwa proses belajar bahasa itu nggak instan, tapi dengan latihan terus-menerus dan dukungan dari lingkungan, pasti ada kemajuan.

Salah satu pelajaran penting yang saya dapatkan selama di Kampung Inggris adalah bahwa kesalahan adalah bagian dari proses belajar. Di sini, kesalahan nggak dianggap sebagai sesuatu yang memalukan, tapi lebih sebagai kesempatan untuk belajar. Misalnya, di awal-awal, saya sering salah menggunakan preposisi atau tenses. Tapi karena terus dikoreksi oleh tutor dan teman-teman, akhirnya saya jadi lebih peka dan lama-lama menguasai. Di satu sisi, kesalahan ini bikin frustrasi, tapi di sisi lain, ketika kita terus mencoba, progresnya akan terlihat jelas.

Untuk kamu yang tertarik belajar di Kampung Inggris, saya punya beberapa tips yang mungkin bisa membantu. Pertama, pastikan kamu memilih program yang sesuai dengan kebutuhan. Ada kursus yang fokus pada grammar, speaking, pronunciation, atau bahkan TOEFL preparation. Jadi, kalau kamu mau lancar berbicara, pilih program yang lebih banyak praktek conversation-nya. Kedua, jangan takut untuk keluar dari zona nyaman. Mungkin awalnya akan terasa aneh berbicara dalam bahasa Inggris sepanjang waktu, tapi percayalah, semakin sering kamu melakukannya, semakin natural rasanya.

Dan terakhir, manfaatkan setiap momen di Kampung Inggris. Bahkan di luar kelas, kamu bisa belajar dari lingkungan sekitarmu. Bicaralah dengan orang-orang, bergaullah dengan teman-teman baru, dan jangan malu untuk mempraktekkan bahasa Inggris di mana pun dan kapan pun. Percayalah, pengalaman di Kampung Inggris bukan cuma soal belajar bahasa, tapi juga tentang membangun rasa percaya diri, bertemu dengan orang-orang baru, dan merasakan petualangan yang tak terlupakan.

Kalau ditanya apakah saya akan merekomendasikan Kampung Inggris Kediri? Jawabannya, 100% iya! Ini tempat yang sempurna untuk siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka dengan cepat dalam suasana yang penuh semangat belajar dan kebersamaan.


Rekomendasi lembaga kursus bahasa Inggris di Kampung Inggris Kediri adalah Kampung Inggris Booster

LihatTutupKomentar